Detail Cantuman Kembali
Nadia Larasati - Personal Name

Analisis Pengambilan Keputusan Peralihan Penggunaan Rokok Konvensional ke Rokok Elektrik pada Pengguna Vaporizer di Kota Samarinda

Di Indonesia penggunaan rokok elektrik atau vape semakin meningkat. Rokok elektrik disebutkan mampu mengurangi bahkan menghentikan kecanduan pada penggunaan rokok konvensional, meskipun belum terbukti secara ilmiah. Tidak sedikit perokok konvensional yang beralih menggunakan rokok elektrik.
Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi perilaku pengambilan keputusan peralihan penggunaan rokok konvensional ke rokok elektrik pada pengguna vaporizer di Kota Samarinda. Penelitian berupa studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam terhadap 5 informan utama pengguna aktif rokok elektrik dengan pengalaman merokok konvensional yang dipilih menggunakan metode intensity sampling, serta 2 informan pendukung yaitu mantan pengguna kedua jenis rokok yang telah berhenti total dalam perilaku merokok dan pemilik Vape Store. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan peralihan penggunaan rokok konvensional ke rokok elektrik didasari oleh keterjangkauan biaya, ketertarikan terhadap rokok elektrik dengan berbagai model, ukuran dan jenis dapat disesuaikan dengan kebutuhan, juga penggunaan cairan beragam rasa, aroma serta warna yang menarik. Persepsi positif terhadap rokok elektrik yakni menekan penggunaan rokok konvensional dan rokok jenis lainnya serta mampu mengurangi resiko kesehatan. Perokok di lingkungan keluarga dan teman turut mendorong peralihan, walaupun dalam pemilihan jenis rokok disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pribadi.
Disimpulkan bahwa pengaruh informasi di media sosial dan lingkungan pertemanan menjadi awal ketertarikan informan terhadap rokok elektrik. Kepercayaan bahwa rokok elektrik lebih aman dibandingkan rokok konvensional memperkuat persepsi positif terhadap peralihan. Program kesehatan di bidang promotif dan preventif diperlukan guna mengedukasi terkait kandungan serta potensi dampak kesehatan jangka panjang dari penggunaan rokok elektrik.
Kata Kunci : Pengambilan Keputusan, Rokok Elektrik, Rokok Konvensional.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pengambilan Keputusan Peralihan Penggunaan Rokok Konvensional ke Rokok Elektrik pada Pengguna Vaporizer di Kota Samarinda
Pengarang Nadia Larasati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAD a 2021
Subyek Kata Kunci : Pengambilan Keputusan, Rokok Elektrik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua