Detail Cantuman Kembali
NUR JUMIATI - Personal Name

ANALISIS WACANA “AKAR PELECEHAN SEKSUAL” PADA MEDIA UMAT NEWS EDISI 236 TEORI TEUN A. VAN DIJK

Jumiati, Nur. 2021. Analisis Wacana “Akar Pelecehan Seksual” pada Media Umat News Edisi 236 Teori Teun A. Van Dijk. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Dr. H. Mursalim, M.Hum.; Pembimbing II: Purwanti, M.Hum.

Kata Kunci: analisis wacana, media umat news, struktur teks

Media massa cetak surat kabar memiliki peran penting dalam dunia pemberitaan karena dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif melalui wacana yang dipublikasikan. Termasuk pengaruh yang diberikan Media Umat News yang memuat wacana kritik terhadap RUU PKS. Wacana kritik tersebut mendapatkan perhatian karena menggunakan sudut pandang yang berbeda dengan media lainnya yang menggunakan pandangan hukum. Berdasarkan perbedaan tersebut sebagai latar belakang pemilihan objek penelitian. Objek akan dianalisis menggunakan tinjauan analisis wacana struktur teks Teun A. Van Dijk. Penelitian berfokus pada penguraian struktur teks yang terdiri dari struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Tujuan penelitian yaitu mengungkap informasi yang terdapat dalam dimensi struktur teks wacana Akar Pelecehan Seksual.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yakni diuraikan secara deskriptif berupa kata-kata. Metode tersebut digunakan untuk memahami pesan simbolik dari suatu teks wacana. Data penelitian yaitu wacana Akar Pelecehan Seksual dan sumber data penelitian adalah Media Umat News Edisi 236. Pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, melalui teknik baca dan teknik catat. Analisis data pada struktur makro digunakan metode analisis tematik. Pada superstruktur dan struktur mikro menggunakan metode padan ekstralingual. Teknik penyajian data hasil penelitian diuraikan secara deskriptif dan dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu pendeskripsian struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro.
Berdasarkan hasil penelitian, struktur makro yang terdapat dalam wacana Akar Pelecehan Seksual adalah perluasan kejahatan seksual bisa melalui RUU PKS. Makna umum yang dimunculkan tersebut untuk membentuk kesadaran sosial yakni mempengaruhi penafsiran pembaca dalam memandang RUU PKS secara negatif. Adapun superstruktur disusun berdasarkan kepentingan untuk mendukung struktur makro. Penyusunan superstruktur tersebut bertujuan untuk mempertegas tema, strateginya dengan mengurutkan proses jalannya peristiwa menjadi tiga episode secara lengkap mulai dari fakta, sejarah, dan solusi. Sedangkan struktur mikro lebih ditekankan pada aspek sintaksis, untuk menampilkan pesan secara terang dan jelas. Selanjutnya penggunaan kata ganti kita. Kata ganti tersebut bagian strategi untuk memposisikan pembaca sebagai subjek yang memiliki interpretasi yang sama dengan jurnalis. Secara keseluruhan penyusunan setiap struktur merupakan suatu strategi untuk mendukung informasi yang ingin disampaikan dalam wacana Akar Pelecehan Seksual.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS WACANA “AKAR PELECEHAN SEKSUAL” PADA MEDIA UMAT NEWS EDISI 236 TEORI TEUN A. VAN DIJK
Pengarang NUR JUMIATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR a 2021
Subyek Analisis Wacana, Media Umat News, Struktur Teks
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua