Studi Tentang Analisis Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda
Lianovi Citrasari, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Studi Tentang Analisis Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Bapak Dr. Muhammad Hairul Saleh, M.A.
Penelitian bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan tentang pelayanan perizinan dan non perizinan berbasis online pada masa pandemi covid-19 di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samainda dan pendapat masyarakat terkait pelayanan berbasis online. Penelitian dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samainda. Adapun jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan serta lapangan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan data, penulis menggambarkan secara sistematis, faktual mengenai fakta, sifat serta hubungan antar fenomena.
Hasil penelitian menunjukkan pelayanan perizinan dan non perizinan berbasis online pada masa pandemi Covid-19 dalam menerapkan elektronik government tidak sepenuhnya menerapkan prinsip dan manfaat e-government. Adapun persyaratan dapat diakses melalui website, aplikasi perizinan dan aplikasi whatsapp. Terkait persyaratan terdapat konsistensi persamaan dokumen. Selanjutnya dalam prosedur pelayanan perizinan dan non perizinan berbasis online tetap menggunakan standar operasional pelayanan konvensional. Pada waktu pelayanan terbitnya perizinan dan non perizinan berbasis online tidak mempengaruhi waktu pelayanan. Selanjutnya pada tahap pembiayaan telah memenuhi kriteria kejelasan biaya. Produk pelayanan selama pandemi Covid-19 berdampak menurunnya jumlah terbit perizinan maupun non perizinan dan telah memenuhi kriteria prinsip pelayanan yaitu produk layanan, diterima dengan benar, tepat dan sah serta memiliki legalitas atau kepastian hukum. Pada proses mengatasi pengaduan menjadi fasilitator dan mediator. Pendapat masyarakat dengan adanya pelayanan berbasis online merasakan kemudahan akan tetapi juga mendapati beberapa keluhan dalam melakukan pelayanan berbasis online pada masa pandemi Covid-19.
Kata Kunci : pelayanan, online, perizinan dan non perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kota Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Studi Tentang Analisis Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Lianovi Citrasari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LIA s 2021 |
Subyek | Pelayanan, Online, Perizinan dan Non Perizinan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Pemerintahan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY