Detail Cantuman Kembali
NUNIK DWI RAHAYU - Personal Name

ANALISIS KINERJA KEUANGAN DARI SEGI Z-SCORE GUNA MENGIDENTIFIKASI GEJALA FINANCIAL DISTRESS PADA PT. SUMALINDO LESTARI JAYA Tbk.

RINGKASAN





Nunik Dwi Rahayu, Analisis Kinerja Keuangan Dari Segi Z-Score Guna Mengidentifikasi Gejala Financial Distress Pada PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk., dibawah bimbingan Ibu DR.Hj.Sri Mintarti, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Gafur, SE, M.Si selaku pembimbing II.
Aspek utama dari kinerja keuangan adalah pencapaian keseimbangan yang baik antara hutang dan ekuitas. Ketidakseimbangan hutang dan ekuitas menandakan kinerja keuangan yang buruk dimana dapat menuju pada kondisi kesulitan keuangan (Financial Distress) perusahaan yang dapat mengarah pada kebangkrutan. Kesulitan keuangan merupakan ketidakmampuan perusahaan dalam membayar kewajiban keuangannya pada saat jatuh tempo. Kondisi tersebut dapat disebabkan terjadinya Net Income yang negatif sebagai kas masuk utama perusahaan. Altman Z-Score merupakan salah satu dari beberapa metode yang digunakan dalam analisis Financial Distress. Dalam kaitannya dengan hal diatas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penilitian ini adalah apakah PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk yang memperoleh Net Income Negatif dan tidak melakukan pembagian deviden dalam dua tahun mengalami gejala financial distress ditinjau dari Altman Z-Score.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan apakah perusahaan mengalami gejala masalah keuangan dan masuk dalam zona kebangkrutan atau masuk dalam zona aman berdasarkan interprestasi metode Altman Z-Score.
Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menganalisis laporan keuangan, dan alat analisis yang digunakan adalah Altman Z-Score. Laporan keuangan yang dijadikan dasar didalam melakukan analisis adalah laporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba rugi, dan laporan perubahan ekuitas tahun 2007, 2008, dan 2009. Data – data yang diperlukan seperti laporan keuangan dan catatan atas laporan keuangan serta data - data lain yang berhubungan dengan perusahaan, diperoleh melalui situs internet dengan alamat www.idx.co.id. dan www.sumalindo.com serta melalui Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) yang berada Di Balikpapan Kalimantan Timur.
Dari hasil analisis, berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan terhadap laporan keuangan PT SUMALINDO LESTARI JAYA Tbk diketahui bahwa:
1. Nilai Z-Score tahun 2007 yaitu 1,55 yang berarti bahwa perusahaan masuk dalam zona kesulitan keuangan (financial distress). Kondisi tersebut disebabkan karena kecilnya Laba (rugi) Ditahan dibagi Total Aktiva. Kerugian pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2006 berpengaruh pada saldo Laba (rugi) Ditahan tahun 2007.
2. Nilai Z-Score tahun 2008 yaitu -0,94 yang berarti perusahaaan masih masuk dalam zona kesulitan keuangan. Penurunan yang drastis tersebut disebabkan adanya nilai negative pada tiga variabel yaitu Modal Kerja dibagi Total Aktiva, Laba (rugi) Ditahan dibagi Total Aktiva, dan Laba Sebelum Pajak dan Bunga

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KINERJA KEUANGAN DARI SEGI Z-SCORE GUNA MENGIDENTIFIKASI GEJALA FINANCIAL DISTRESS PADA PT. SUMALINDO LESTARI JAYA Tbk.
Pengarang NUNIK DWI RAHAYU - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua