Detail Cantuman Kembali
FITRIA RINDANA - Personal Name

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT POLYA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Rindana, Fitria. 2021. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menurut Polya Materi Barisan dan Deret Aritmatika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Drs. H. Asyril, M.Si (II) Dra. Suriaty, M.Pd

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.
Pelaksanaan penelitian pada bulan Pebruari 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda yaitu kelas XTB1, XTB 2, XTB 3, dan XTB4 yang berjumlah 126 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif, yang bertujuan menentukan kemampuan pemecahan masalah matematika masing masing individu secara keseluruhan, menentukan persentase tiap kategori kemampuan, menentukan persentase rata-rata kemampuan siswa berdasarkan nomor atau butir soal, menentukan kemampuan matematika siswa berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya dan wawancara dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan pengerjaan soal tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 secara keseluruhan terdapat 4 siswa dengan kategori kemampuan sangat baik, 10 siswa dengan kategori kemampuan baik, 28 siswa dengan kategori kemampuan cukup, 41 siswa dengan kategori kemampuan kurang, dan 43 siswa dengan kategori kemampuan sangat kurang.
Berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya yaitu (1) tahap memahami masalah sebesar 50.73% atau kategori kemampuan kurang, (2)tahap merencanakan penyelesaian masalah sebesar 49.50% atau kategori kemampuan kurang, (3) tahap melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 47.75% atau kategori kemampuan kurang, dan (4) tahap memeriksa kembali sebesar 44.45% atau kategori kemampuan kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 dikategorikan kemampuan kurang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT POLYA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang FITRIA RINDANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT k 2021
Subyek Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika - t
Pemecahan Masalah Matematika Menurut Polya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua