KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT POLYA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Rindana, Fitria. 2021. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menurut Polya Materi Barisan dan Deret Aritmatika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Drs. H. Asyril, M.Si (II) Dra. Suriaty, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.
Pelaksanaan penelitian pada bulan Pebruari 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda yaitu kelas XTB1, XTB 2, XTB 3, dan XTB4 yang berjumlah 126 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif, yang bertujuan menentukan kemampuan pemecahan masalah matematika masing masing individu secara keseluruhan, menentukan persentase tiap kategori kemampuan, menentukan persentase rata-rata kemampuan siswa berdasarkan nomor atau butir soal, menentukan kemampuan matematika siswa berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya dan wawancara dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan pengerjaan soal tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 secara keseluruhan terdapat 4 siswa dengan kategori kemampuan sangat baik, 10 siswa dengan kategori kemampuan baik, 28 siswa dengan kategori kemampuan cukup, 41 siswa dengan kategori kemampuan kurang, dan 43 siswa dengan kategori kemampuan sangat kurang.
Berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya yaitu (1) tahap memahami masalah sebesar 50.73% atau kategori kemampuan kurang, (2)tahap merencanakan penyelesaian masalah sebesar 49.50% atau kategori kemampuan kurang, (3) tahap melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 47.75% atau kategori kemampuan kurang, dan (4) tahap memeriksa kembali sebesar 44.45% atau kategori kemampuan kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika menurut Polya materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 dikategorikan kemampuan kurang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT POLYA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | FITRIA RINDANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIT k 2021 |
Subyek | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika - t Pemecahan Masalah Matematika Menurut Polya |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY