PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI KONTEKSTUAL TIPE PEMODELAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 SAMARINDA ILIR TAHUN 2010 / 2011
ABSTRAK
Dewi Puspita 2010,Peningkatan Pembelajaran Menulis karangan Deskrifsi
Melalui Strategi Kotekstual Tipe Pemodelan Siswa Kelas IV SDN
009 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2010 / 2011. Program Studi Pendidikan dan Keguruan Universitas Mulawarman Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Sidik, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Drs. La Djangka, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci ; Peningkatan Karangan deskripsi , Pemodelan
Menulis atau mengarang deskripsi adalah merupakan komponen yang penting dalam keterampilan berbahasa yang digunakan apa yang dipikirkan seseorang kepada orang lain sehingga dapat mengola dan membentuk kalimat yang bermakna Permasaalah yang timbul pada penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan Strategi Kontekstual tipe Pemodelan pada pembelajaran karangan Deskrifsi dikelas IV SDN 009 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2010 / 2011. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan strategi Kontekstual tipe Pemodelan pada pembelajaran menulis atau menyusun karangan dikelas IV SDN 009 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2010 / 2011. dapat meningkat. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan mutu pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif , meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sehingga diperoleh kompetensi yang optimal.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negri 009 Samarinda Ilir sebanyak 26 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari dua angka siklus. Tes berupa menulis atau menyusun karangan dan non tes berupa observasi.. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan setalah dilakukan tindakan kelas yang meliputi siklus I sampai siklus II melalui Srategi Kontekstual Tipe Pemodelan. Berdasarkan siklus 1 67,68 dan katagori cukup sedangkan nilai rata-rata pada siklus II nilai rata –rata siswa 76,97 katagori Tuntas. Perubahan ini mengalami peningkatan kearah yang lebih baik setelah menggunakan srtategi Kontekstual Tipe Pemodelan dalam menulis karangan Deskripsi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI KONTEKSTUAL TIPE PEMODELAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 SAMARINDA ILIR TAHUN 2010 / 2011 |
---|---|
Pengarang | DEWI PUSPITA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2010 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY