Detail Cantuman Kembali
Sonia Ade Riska - Personal Name

Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Adiwiyata Dan Non Adiwiyata Pada Materi Ekologi Kelas X Di Samarinda

Sonia Ade Riska, 2021. Studi komparasi hasil belajar siswa di sekolah adiwiyata dan non adiwiyata pada materi Ekologi kelas X di samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dr. Akhmad,M.Kes selaku dosen pembimbing II.
Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia (SDM) jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sehingga menjadi sebuah karakter peduli lingkungan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Program Adiwiyata tingkat sekolah merupakan tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata pada materi ekologi Kelas X di Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian dengan pelaksanaan menggunakan metode survei dengan teknik komparasi, yaitu dengan membandingkan dua hal yang sesuai dengan kajian topik penelitian yang diteliti, kemudian ditarik kesimpulan. Sampel yang digunakan ialah kelas X Mipa pada dua sekolah berjumlah 50 siswa, 25 siswa pada sekolah adiwiyata dan 25 siswa pada sekolah non adiwiyata. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar ekologi pada sekolah adiwiyata dan sekolah non adiwiyata.
Hasil penelitian ini di uji dengan menggunakan uji t-test. Pengujian penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekologi siswa kelas X pada sekolah adiwiyata mendapatkan nilai dalam kategori sangat baik, diperoleh hasil rata-rata 82,8. Hasil belajar ekologi siswa kelas X pada sekolah non adiwiyata mendapatkan nilai dalam kategori baik, diperoleh hasil rata-rata 76,6. Terdapat perbedaan hasil belajar ekologi siswa kelas X antara sekolah adiwiyata dan non adiwiyata. ditunjukkan oleh rumus t-test dimana (df=48) nilai t hitung adalah sebesar 2,254 selanjutnya nilai t tabel sebesar 2,010.
Dalam penelitian ini program Adiwiyata merupakan program yang dicanangkan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup melalui prinsip edukatif, partisipatif dan berkelanjutan. Bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah, khususnya peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Adiwiyata Dan Non Adiwiyata Pada Materi Ekologi Kelas X Di Samarinda
Pengarang Sonia Ade Riska - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SON s 2021
Subyek Studi komparasi, Hasil Belajar, Adiwiyata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua