Detail Cantuman Kembali
SUMARNI - Personal Name

STUDI PENGEMBANGAN OLAHRAGA PRESTASI MENUJU INDUSTRI OLAHRAGA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi Pada Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Timur)

SUMARNI (2020), Studi Pengembangan Olahraga Prestasi Menuju Industri Olahraga Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Pada Komite Olahraga
Indonesia Nasioanal Kalimantan Timur) dibawah bimbingan Ibu Prof Dr. Hj. Nur Fitriyah,M.S dan Bapak Dr.Bambang Irawan, S.Sos, M.Si
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendefinisikan peran komite olahraga nasional indonesia kalimantan timur mengenai pengembangan olahraga guna menjadikan olahraga prestasi menuju industri olahraga dan untuk mengetahui keberlangsungan industri olahraga serta menganalisis upaya komite olahraga nasional indonesia kalimantan timur dalam menjalankan industry olahraga guna peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).
Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan, yang bertujuan memberikan gambaran serta penjelasan dari Peran Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Timur mengenai Pengembangan Olahraga guna Menjadikan Olahraga Prestasi Menuju Industri olahraga Olahraga. Peneliti mengumpulkan data dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan seperti observasi, wawancara dengan informan dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data diskriptif dengan cara melakukan tahap pengumpulan data, tahap data kondensasi, tahap penyajian data dan terakhir tahap penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa peran KONI Kalimantan Timur dalam hal pengembangan olahraga prestasi menuju industri olahraga yakni sebagai fasilitator serta penyelenggara even tahunan sebagai ajang kompetisi prestasi atlit di setiap daerah menuju kancah nasional dan internasional dimana pada setiap even yang diselenggarakan selain pada peningkatan prestasi atlit namun mampu menjalin kerjasama pada pihak swasta dimana beberapa perusahaan mampu memberikan dukungan berupa bantuan kepada beberapa cabang olahraga. Secara langsung KONI Kaltim tidak memiliki tugas untuk menjalankan industri olahraga namun tugas pokok KONI Kaltim adalah sebagai organisasi pembinaan olahraga, target dalam pembinaan yaitu adalah mencetak atlet berprestasi, namun dalam perjalanannya dalam mencetak atlet yang berprestasi ada beberapa aspek didalamnya ada pembinaan, pelatihan, sertifikasi/lisensi, venue, dan alat tanding. Aspek-aspek tersebut merupakan produk daripada industri olahraga yakni melingkupi barang dan jasa diproduksi/diperjualbelikan yang termasuk didalam aspek tersebut. Maka, bisa disimpulkan bahwa selama Koni masih melakukan pembinaan olahraga prestasi maka disitulah industri olahraga akan terus mengikuti serta tumbuh dan berkembang didalamnya, dalam artian dia berjalan beriringan dengan sendirinya.
Dalam hal pengembangan industri olahraga dilakukan beberapa upaya yakni: (1) Kemitraan yang saling menguntungkan; (2) Pembentukan sentra-sentra pembinaan dan pengembangan industri olahraga; (3) Pembentukan Badan Khsusus Industri Olahraga yang memiliki garis koordinasi dengan KONI Provinsi; (4) Melaksanakan even-even olahraga tahunan sebagai pengembangan budaya olahraga; (5) Penguatan Regulasi Keolahragaan Daerah.
Kata kunci : koni kaltim, olahraga prestasi, industri olahraga.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI PENGEMBANGAN OLAHRAGA PRESTASI MENUJU INDUSTRI OLAHRAGA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi Pada Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Timur)
Pengarang SUMARNI - Personal Name
No. Panggil TESIS SUM s 2021
Subyek koni kaltim, olahraga prestasi, industri olahraga.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan MAGISTER ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua