PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA
Kurangnya minat siswa pada mata pelajaran kimia, minat siswa pada pelajaran kimia yang kurang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran oleh guru yang kurang menarik. Maka judul penelitian “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA pada Mata Pelajaran Ikatan Kimia” dengan tujuan Penelitian 1) untuk melihat pengaruh penggunaan media video animasi model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPA. mata pelajaran ikatan kimia, 2) untuk melihat pengaruh penggunaan media video animasi pada model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA pada mata pelajaran ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Muara Kaman. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara sampling jenuh, yaitu seluruh populasi akan dijadikan sampel, dengan syarat kedua sampel tersebut homogen. Teknik tes data dilakukan melalui teknik tes yaitu soal posttest dan non tes yaitu lembar observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk kedua independen. Hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa 1) pengaruh penggunaan media video animasi model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar dengan rerata nilai siswa kelas eksperimen 86,17 dan kelas kontrol. adalah 89,23. 2) pengaruh penggunaan media video animasi terhadap model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 80,14 dan kelas kontrol adalah 73,05. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi dalam model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA mata pelajaran ikatan kimia. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi pada model pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA |
---|---|
Pengarang | Gita Ahzari Oktaviani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI GIT p 2021 |
Subyek | ARIAS, Video animasi, Hasil belajar Motivasi belajar, ikatan kimia |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY