Detail Cantuman Kembali
Jeni Maryanti - Personal Name

PENGARUH MOTIVASI INTERNAL DAN MOTIVASI EKSTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

ABSTRAK


JENI MARYANTI, 2010, “Pengaruh Motivasi Internal dan Motivasi Eksternal Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur”. Di bawah bimbingan Bapak Prof. DR. Sukisno S. Riadi, SE., MM. sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Dra. Tetra Hidayati, M.Si sebagai dosen pembimbing II.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga bahwa variabel Motivasi Internal dan Motivasi Eksternal memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, dan diduga bahwa variabel Motivasi Internal memiliki pengaruh dominan terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi yang diperoleh peneliti yaitu persamaan regresi Y = 1,159 + 0,474 X1 + 0,263 X2 maka dapat diartikan bahwa variabel bebas berpengaruh positif terhadap variabel tidak bebas. Koefisien regresi sebesar 0,730 menunjukkan bahwa kedua variabel bebas yaitu Motivasi Internal ( X1 ), dan Motivasi Eksternal (X2), mempunyai pengaruh kuat terhadap kinerja pegawai. Nilai R2 sebesar 0,533 berarti variabel bebas yang dikemukakan dalam penelitian ini mempengaruhi kinerja (Y) sebesar 53,3 %, sedangkan sisanya yaitu 46,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Nilai Uji F diketahui kedua variabel mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y, F hitung > F tabel ( 28,494 > 3,1826), sehingga hipotesis yang menyatakan diduga bahwa variabel Motivasi Internal dan Motivasi Eksternal mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kinerja pegawai dapat diterima.
Nilai uji t menunjukkan bahwa variabel Motivasi Internal memiliki pengaruh dominan terhadap terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,083 dan nilai t tabel sebesar 1,6759 dan nilai koefisien beta sebesar 0,418 pada signifikan α = 0,05 maka diketahui t hitung > t tabel. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MOTIVASI INTERNAL DAN MOTIVASI EKSTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang Jeni Maryanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua