Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Dinamika Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di SMA Negeri 11 Samarinda
Model project based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai metode pembelajaran. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penggunaan model project based learning (PJBL) dan 2) mengetahui pengaruh yang signifikan dalam terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 11 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan bentuk pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil pengolaan data menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar posttest siswa sebesar 77,14. Hasil Uji N-Gain dengan gain score 0,433, yang hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang (0,7>g≥0,3). Hal ini berarti model project based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi di kelas X SMA Negeri 11 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Dinamika Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di SMA Negeri 11 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Alvin Fadillah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALV p 2021 |
Subyek | Pengaruh, Project Based Learning, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Geografi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY