Detail Cantuman Kembali
Desinarni Uban - Personal Name

Efektivitas Penggunaan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran Daring Geografi di SMA Negeri 13 Samarinda

Perubahan pola pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 menuntut guru untuk menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif dan konstruktif. Model pembelajaran mind mapping merupakan model pembelajaran yang diharapkan memudahkan siswa mengingat materi, memudahkan siswa dalam belajar, dan melibatkan siswa secara aktif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan mind mapping pada pembelajaran daring Geografi di SMA Negeri 13 Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 73,21%, (2) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 76,87%, (3) adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata pretest 55,23% meningkat setelah diberi posttest 73,64% dengan peningkatan persentase ketuntasan siswa pada pretest 7% meningkat setelah diberikan posttest 57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind mapping pada pembelajaran daring Geografi di SMA Negeri 13 Samarinda efektif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Penggunaan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran Daring Geografi di SMA Negeri 13 Samarinda
Pengarang Desinarni Uban - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DES e 2021
Subyek Efektivitas, model mind mapping
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Geografi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua