Penerapan Digital Inbound Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Athaya Khairunnisa, 1702055018, Penerapan Digital Inbound Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, dibawah bimbingan Ibu Dr. Finnah Furqoniah, S.Sos., M.Si. selaku Dosen Pembimbing I, Ibu Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM. selaku Dosen Pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Saat ini, semua informasi yang ada di dunia ini 95% telah di digitalisasi dan dapat diakses di internet. Internet saat ini berada di pusat jaringan komunikasi memastikan proses produksi, distribusi, dan penggunaan informasi digital dalam semua format. Hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran untuk menarik maupun mempertahankan pelanggannya. Seperti metode yang dilakukan oleh PT. Comtelindo Balikpapan, salah satu perusahaan jasa layanan IT di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode Digital Inbound Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan.
Teori yang digunakan dalam mendukung metode Digital Inbound Marketing adalah Integrated Marketing Communication (IMC) dan Model Komunikasi AIDDA (Awareness, Interest, Desire, Decision, Action). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan yaitu observasi dan wawancara menggunakan data primer melalui sumber data key informan dan informan, data sekunder melalui sumber dokumen, e-journal, buku-buku, artikel dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman dengan fokus penelitian 3 elemen Digital Inbound Marketing yaitu Attract (menarik perhatian), Engage (menjalin hubungan), dan Delight (memberikan pengalaman).
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Digital Inbound Marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya melalui elemen Attract (menarik perhatian) dengan tools brosur digital, website, sosial media instagram, dan video youtube channel. Kemudian masuk pada tahapan elemen Engage (menjalin ikatan) melalui tools direct marketing, personal selling, e-mail marketing dan marketing automation. Tahapan yang terakhir yaitu elemen Delight (memberikan pengalaman) dengan beberapa tools yaitu smart content (blogging), survey, review after purchase (testimoni) dan customer reward. Ketiga elemen tersebut digunakan untuk mempertahankan Loyalitas Pelanggan PT. Comtelindo Balikpapan yang memiliki tipe Contractual Loyalty (berdasarkan perjanjian tertentu).
Kata Kunci : Digital Inbound Marketing, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Loyalitas Pelanggan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Digital Inbound Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan |
---|---|
Pengarang | Athaya Khairunnisa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ATH p 2021 |
Subyek | Digital Inbound Marketing, Komunikasi Pemasaran Te |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY