DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS II SD NEGERI 014 SAMBUTAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan kesimpulan pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pecahan sederhana siswa kelas II SD Negeri 014 Sambutan yang sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif berbentuk deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II di SD Negeri 014 Sambutan dan waktu pelaksanaan pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran model Contextual Teaching and Learning pada materi pecahan sederhana sudah terencana dengan baik melalui perangkat pembelajaran dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model Contextual Teaching and Learning materi pecahan sederhana sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang telah ditentukan. Evaluasi model pembelajaran model pembelajaran Contextual Teaching and Learning siswa kelas II SD Negeri 014 Sambutan sudah dilaksanakan dengan cukup baik karena siswa menjadi lebih aktif dan mampu mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupannya sehari-hari selama kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning guru telah melaksanakan dengan cukup baik sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan dapat dikembangkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk membuat siswa aktif serta membangun pengetahuan siswa sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk membuat siswa aktif, membangun pengetahuan siswa dan mampu mengaitkannya dengan situasi dunia nyata atau pengalaman dan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS II SD NEGERI 014 SAMBUTAN TAHUN AJARAN 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | SITI AISAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT d 2021 |
Subyek | Pembelajaran, Pecahan Sederhana, Model Contextual |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY