Detail Cantuman Kembali
Jelvy Vera Khalfia Daud - Personal Name

PENGARUH KONSENTRASI SARI BUAH NANAS (Ananas comosus) PADA PEMBUATAN KECAP IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)

Jelvy Vera Khalfia Daud, 2021. Pengaruh Konsentrasi Sari Buah Nanas (Ananas comosus) pada Pembuatan Kecap Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) (Dibimbing oleh Indrati Kusumaningrum dan Andi Noor Asikin).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari buah nanas terhadap karakteristik kimia kecap ikan lele dan menentukan konsentrasi terbaik berdasarkan kadar protein. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan konsentrasi sari buah nanas sebanyak 30% (P1), 40% (P2), 50% (P3), dan 60% (P4). Parameter yang di uji dalam penelitian ini adalah kadar protein, kadar lemak, kadar air, kadar abu, pH, dan rendemen. Penelitian ini menunjukkan hasil kadar protein berkisar 23,66%-27,44%, kadar lemak 0,53%-1,05%, kadar air 36,91%-47,97%, kadar abu 0,24%-0,59%, pH 6,00-4,25, dan rendemen 48,26%-56,09%. Hasil uji DMRT menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi sari buah nanas berpengaruh nyata terhadap nilai kadar protein, kadar lemak, kadar air dan kadar abu pH, dan rendemen. Berdasarkan hasil
karakteristik kimia diperoleh bahwa perlakuan P4 (penambahan sari buah nanas sebanyak 60%) merupakan perlakuan terbaik berdasarkan kadar protein tertinggi yaitu 27,44%.

Kata kunci: Ikan Lele, Kecap Ikan, Sari Buah Nanas

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KONSENTRASI SARI BUAH NANAS (Ananas comosus) PADA PEMBUATAN KECAP IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)
Pengarang Jelvy Vera Khalfia Daud - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JEL p 2021
Subyek Ikan Lele, Kecap Ikan, Sari Buah Nanas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua