Detail Cantuman Kembali
PUTRA WANDANIEL PURBA - Personal Name

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ILLEGAL LOGGING OLEH MASYARAKAT HUKUM ADAT DI KABUPATEN KUTAI BARAT (STUDI DI KECAMATAN SILUQ NGURAI)

Penebangan liar telah meningkat di Indonesia, termasuk di Kutai Barat. Masih lemahnya penegakan hukum menyebabkan masalah pembalakan liar tidak selalu bisa diselesaikan. Oleh karena itu, gagasan peningkatan peran masyarakat adat dapat menjadi salah satu alternatif pencegahan pembalakan liar. Masalah yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah tentang penegakan hukum dan pencegahan tindak pidana illegal logging yang sering digunakan untuk mengkriminalisasi masyarakat adat di Indonesia. Masyarakat adat telah dikriminalisasi atas dasar pemanfaatan hasil hutan yang melanggar hukum, sedangkan mereka hanya mencari makan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Kriminalisasi terhadap masyarakat hukum adat merupakan bukti konklusif yang membuktikan bahwa Pemerintah Indonesia telah mengabaikan hak-hak masyarakat hukum adat. Makalah ini menggunakan pendekatan doktrinal, pendekatan doktrinal yang dimaksud dalam hal ini adalah pendekatan berdasarkan ketentuan perundangundangan (black letter law) dan teori- teori hukum. Kesimpulan dari tulisan ini menganalisis bahwa keberadaan masyarakat adat dan kerjasama dengan organisasi lain seperti Dinas Kehutanan menjadi penting, karena ketika berhadapan dengan pelaku illegal logging yang bermodal besar, mereka memiliki kekuatan untuk melawan kekuatan lain yang akan merusak sumber daya alam.
Kata Kunci: Illegal logging, Penegakan Hukum, Masyarakat Hukum Adat, Kutai Barat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ILLEGAL LOGGING OLEH MASYARAKAT HUKUM ADAT DI KABUPATEN KUTAI BARAT (STUDI DI KECAMATAN SILUQ NGURAI)
Pengarang PUTRA WANDANIEL PURBA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUT p 2021
Subyek Illegal logging, Penegakan Hukum, Masyarakat Hukum
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan HUKUM PIDANA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua