Pengaruh Video Pembelajaran Dalam Model Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Stoikiometri
Flipped classroom tipe peer instruction flipped adalah model pembelajaran yang memiliki prinsip bahwa aktivitas pembelajaran yang dilakukan di kelas menjadi dilakukan di rumah begitupun sebaliknya dan ditunjang dengan media video pembelajaran yang diharapkan mampu menarik perhatian siswa. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran dalam model flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain matching only posttest-only control group design. Sampel diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes yaitu soal post-test dan ulangan harian serta teknik non tes yaitu lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 86,36 dan kelas kontrol 81, 26. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,16 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan 5%, sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh video pembelajaran dalam model flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan stoikiometri.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Video Pembelajaran Dalam Model Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Stoikiometri |
---|---|
Pengarang | Cyntia Diana Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CYN p 2021 |
Subyek | Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped video pembelajaran, hasil belajar, stoikiometri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY