Pengembangan Media Interaktif Penunjang Student Center Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda
Hidayat Ramlan, 2021. Pengembangan Media Interaktif Penunjang Student Center Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Vitria Puri Rahayu, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media interaktif penunjang student center learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation”. Pada tahap analisis dilakukan studi literatur dan studi lapangan, kemudian tahap desain yaitu membuat flowchart dan storyboard. Setelah itu, dilanjutkan dengan membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat, dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, pada proses implementasi dilakukan dengan uji coba kelompok kecil terlebih dahulu, kemudian melakukan uji coba kelompok besar. Tahap akhir adalah evaluasi dengan melihat kelayakan serta membuat laporan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November hingga Desember 2020. Subjek pada penelitian ini adalah para ahli dan siswa kelas X IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda, sedangkan objek penelitiannya adalah media interaktif powerpoint. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrumen angket dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah media interaktif penunjang student center learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X dengan persentase kelayakan (1) hasil validasi ahli materi dengan kategori “Layak” dengan persentase kelayakan 80,95%, (2) hasil validasi ahli media dengan kategori “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan 87,1%, (3) hasil uji coba kelompok kecil dengan kategori “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan 93,05% serta (4) hasil uji coba kelompok besar dengan kategori “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan 95,28%. Kesimpulan, powerpoint yang dijadikan sebagai media interaktif penunjang student center learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X “Layak” untuk digunakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Interaktif Penunjang Student Center Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Ramlan Hidayat - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAM p 2021 |
Subyek | Research and development, ADDIE, Powerpoint Media Pembelajaran, Powerpoint, Ekonomi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY