KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL YANG BERKAITAN DENGAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2020/2021
Saprianus Lung. 2021. Kemampuan Menyelesaikan Soal Yang Berkaitan Dengan Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XII IPS Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing (I) Drs. Berahman, M,Si. (II) Dr. Sugeng, M.Pd.
Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021.
Subjek penelitian terdiri 53 siswa yang berasal dari 3 kelas yaitu XI IPS 1, XII IPS 2 dan XII IPS 3. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar. Teknik penumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 4 butir. Sebelum penelitian ini dilaksankan, terlebih dahulu dilaksankan uji coba instrument penelitian dikelas XII IPS 4, yang terdiri dari 30 siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini, ialah analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif dan distribusi persentase, yaitu mendeskripsikan kemampuan siswa secara keseluruhan, kemampuan berdasarkan kelas, kemampuan berdasarkan tiap soal, menentukan kemampuan menyelesaikan soal matematika berdasarkan langkah Polya, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan adalah tidak terdapat siswa dengan kemampuan sangat baik; 1 siswa dengan presentase 1,89% pada kategori baik; 4 siswa dengan presentase 7,55% pada kategori cukup; dan 48 siswa dengan presentase 90,57% pada kategori kurang. Tingkat kemampuan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar untuk butir soal tes termasuk dalam kategori kurang, yaitu dengan nilai rata-rata 42,75. Ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar berdasarkan indikator kompetensi dasar termasuk dalam kategori kurang, dengan nilai rata-rata 22,66. Tingkat kemampuan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar siswa berdasarkan langkah Polya, pada tahap memahami soal termasuk dalam kategori baik yaitu 81,37, tahap merencanakan penyelesaian soal termasuk dalam kategori kurang yaitu 36,83, tahap melaksanakan rencana penyelesaian soal termasuk dalam kategori kurang yaitu 39,58, dan tahap melihat kembali kebenaran penyelesaian soal yang telah dibuat termasuk dalam kategori kurang yaitu 33,73.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL YANG BERKAITAN DENGAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Saprianus Lung - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAP k 2021 |
Subyek | Turunan Fungsi Aljabar Kemampuan, Menyelesaiakn Soal |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY