ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 007 Sungai Kunjang pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Permasalahan yang muncul adalah apa saja jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi hitung pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung pecahan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur newman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 007 Sungai Kunjang pada semester genap tahun pembelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 007 Sungai Kunjang. Data yang diperoleh berasal dari sumber data primer berupa hasil tes maupun wawancara, dan sumber sekunder dari refrensi jurnal penelitian sebelumnya dan foto-foto pada saat penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca sebanyak 47 kali, kesalahan memahami sebanyak 45 kali, kesalahan transformasi 25 kali, kesalahan membaca 10 kali dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 6 kali. Untuk operasi penjumlahan pecahan, kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan proses hitungan sebanyak 12 kali. Untuk operasi pengurangan pecahan, kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan proses hitungan sebanyak 10 kali. Untuk operasi perkalian pecahan, kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan memahami sebanyak 13 kali dan Untuk operasi pembagian pecahan, kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan proses hitungan sebanyak 9 kali.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Wahyuni Syammulia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WAH a 2021 |
Subyek | Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita Operasi Hitung Pecahan. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY