Detail Cantuman Kembali
YENNIANTY - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK TI Airlangga Tahun Ajaran 2020/2021.

Yennianty, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Di SMK TI Airlangga Samarinda. Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Zainuddin Untu, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Dydik Kurniawan, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II.
Perkembangan teknologi semakin tahun meningkat, pendidik diharapkan dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam proses belajar mengajar. Pada saat pendidik mengajar di kelas dengan menggunakan metode ceramah dan media yang monoton, seperti powerpoint, berfokus pada buku paket sehingga siswa lebih mudah jenuh dalam mengikuti pembelajaran dan kurang memperhatikan materi yang diajarkan. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan media pembelajaran modul interaktif menggunakan Lectora Inspire17.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran modul interaktif berbasis desktop pada materi kewargaan digital di SMK TI Airlangga Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang gunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang ahli media dan 1 guru ahli materi di SMK TI AIRLANGGA Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket/kuesioner, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, kemudian penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran Modul Interaktif berbasis desktop pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital dengan aplikasi Lectora Inspire17. 2) Uji kelayakan dari tiga ahli media dengan 23 indikator diperoleh skor 263 dengan kategori “Layak”. Pengujian oleh ahli materi dengan 10 indikator diperoleh skor 43 dengan kategori “Sangat Layak”. Pengujian dari lima orang pengguna media dengan 15 indikator diperoleh skor 310 dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran interaktif berbasis desktop dengan Lectora Inspire17 yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada materi kewargaan digital.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK TI Airlangga Tahun Ajaran 2020/2021.
Pengarang YENNIANTY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YEN p 2021
Subyek Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
Media Pembelajaran Modul Interaktif
Lectora Inspire, Simulasi dan Komunikasi Digital
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN KOMPUTER
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua