Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD IKHSAN ALIM. S - Personal Name

STRATEGI MASYARAKAT DALAM MEMPERTAHANKAN LAHAN DARI EKSPANSI PERTAMBANGAN BATU BARA DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

MUHAMMAD IKHSAN ALIM. S, Program Studi S1 Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Strategi Masyarakat dalam Mempertahankan Lahan dari Ekspansi Pertambangan Batu Bara di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Bimbingan Ibu Dr. Sukapti, M.Hum sebagai pembimbing I dan Ibu Ratna Purba, MA sebagai pembimbing II.
Penelitian ini untuk mengetahui sejarah masyarakat dalam mengumpulkan kekuatan untuk mempertahankan lahan serta mendeskripsikan bentuk strategi masyarakat dalam mempertahankan lahan dari ancaman ekspansi pertambangan batu bara di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purpossive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai bentuk strategi masyarakat dalam mempertahankan lahan dari ancaman ekspansi pertambangan batu bara.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi masyarakat dalam mempertahankan lahan pertanian menggunakan dua bentuk strategi perlawanan. Perlawanan pasif serta perlawanan aktif dari bawah dan dari atas. Masyarakat melakukan perlawanan untuk mengusir perusahaan batu bara yang akan menghancurkan ekosistem pertanian di Desa Sumber Sari. Pertama; strategi perlawanan pasif, perlawanan ini dilakukan dengan mempertahankan budaya mereka sebagai petani.
Kedua; strategi perlawanan aktif dari bawah, masyarakat secara bersama-sama menggerakkan partisipasi dari etos swadaya yang ada di dalam masyarakat. Perlawanan ini dilakukan dengan aksi demonstrasi penolakan izin tambang batu bara di kantor DPRD Kab. Kutai Kartanegara. Strategi perlawanan aktif dari atas dengan melakukan lobi dan negosiasi kepada para pemangku kebijakan, agar tuntutan mereka mendapat dukungan dan kekuatan. Kekuatan tersebut sebagai usaha dalam menggagalkan pihak perusahaan untuk menambang di Desa Sumber Sari.
Kata Kunci : Strategi Perlawanan Masyarakat, Tambang Batu Bara, Pertanian, Desa Wisata.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI MASYARAKAT DALAM MEMPERTAHANKAN LAHAN DARI EKSPANSI PERTAMBANGAN BATU BARA DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang MUHAMMAD IKHSAN ALIM. S - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH s 2021
Subyek Strategi Perlawanan Masyarakat, Tambang Batu Bara,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PEMBANGUNAN SOSIAL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua