Penggunaan Media Powerpoint Interaktif dalam Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Secara Daring pada Materi Termokimia
Media pembelajaran difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint interaktif dalam model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) secara daring terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 1 Samarinda, yang kemudian dipilih secara cluster random sampling untuk digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan yaitu XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen, yang menggunakan powerpoint interaktif dalam model TGT dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol, yang menggunakan model TGT tanpa media powerpoint interaktif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes berupa ulangan harian, dan teknik non tes, berupa observasi, dokumentasi, dan survei. Data tes dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 65,28 dan kelas kontrol sebesar 47,78. Hasil belajar kelas eksperiman lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media powerpoint interaktif dalam model TGT secara daring terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penggunaan Media Powerpoint Interaktif dalam Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Secara Daring pada Materi Termokimia |
---|---|
Pengarang | Muhammad Hamami Nata - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2021 |
Subyek | hasil belajar, powerpoint interaktif, termokimia, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY