Detail Cantuman Kembali
AISYAH - Personal Name

Hubungan Antara Peran Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.

Aisyah, 2021. Hubungan Antara Peran Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Made Ngurah Partha, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara: (1) peran orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019 (2) motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019 (3) peran orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019, sebanyak 360 siswa. Sampel yang digunakan 20% dari jumlah keseluruhan populasi yaitu sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan uji korelasi product moment dan korelasi berganda.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan hasil belajar siswa (r = 0,567, P = 0,000) dengan hubungan yang cukup. (2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa (r = 0,548, P = 0,000) dengan hubungan yang cukup. (3) Ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan sumbangan nilai determinasi sebesar 34,4% dan F hitung = 18,089 > F tabel = 3,3. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda tahun ajaran 2018/2019”, terbukti kebenarannya sebagai hipotesis tersebut dapat diterima.
Kata kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Antara Peran Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Pengarang AISYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AIS h 2021
Subyek Peran orang tua, Motivasi Belajar, Hasil belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua