Detail Cantuman Kembali
Anah - Personal Name

Optimalisasi Perencanaan Produksi Olahan Nugget Udang, Ikan dan Ayam untuk Memaksimalkan Keuntungan Menggunakan Metode Simpleks (Studi Kasus Pada UD. Kaya Rasa Samarinda Seberang)

Anah, 2021. ”Optimalisasi Perencanaan Produksi Olahan Nugget Udang, Ikan Dan Ayam untuk Memaksimalkan Keuntungan Menggunakan Metode Simpleks (Studi Kasus di UD. Kaya Rasa Samarinda Seberang)”. Bimbingan Ibu Dr. Justina Ade Judiarni, SE.,M.Si

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan keuntungan produksi optimal yang dapat dihasilkan pada UD. Kaya Rasa menggunakan linear programming dengan mempertimbangkan keterbatasan sumberdaya dan jumlah permintaan untuk memaksimalkan profit. Optimasi dilakukakan menggunakan metode linear programming dengan mengaplikasikan software POM-QM for Windows 5 untuk menentukan optimalisasi keuntungan produksi nugget pada UD.Kaya Rasa Samarinda. Untuk memperoleh keuntungan yang maksimal diperlukan formula yang tepat melalui perencanaan produksi dengan linear programming. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam linear programming adalah metode simpleks yang berfungsi untuk mencari solusi optimum. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode simpleks didapatkan hasil yang optimal jika UD. Kaya Rasa memproduksi nugget udang (X₁) sebanyak 42 bungkus, nugget ikan (X₂) sebanyak 21 bungkus dan nugget ayam (X₃) sebanyak 48 bungkus. Dengan fungsi Zmax = 26.000 X₁ + 24.000 X₂ + 26.000 X₃ Maka keuntungan yang diperoleh pada kondisi optimal sebesar Rp. 3.228.000 dan terjadi kenaikan keuntungan sebesar Rp 238.000.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Optimalisasi Perencanaan Produksi Olahan Nugget Udang, Ikan dan Ayam untuk Memaksimalkan Keuntungan Menggunakan Metode Simpleks (Studi Kasus Pada UD. Kaya Rasa Samarinda Seberang)
Pengarang Anah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANA o 2021
Subyek Program Linear, Optimalisasi, Laba, Produksi Nugge
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Manajemen
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua