Detail Cantuman Kembali
Linsay Pabate - Personal Name

Studi Tentang Penggunaan Rumah Belajar Di Tinjau Dari Pasal 31 UUD Tahun 1945 Di Komunitas Toraja Kabupaten Berau

Linsay Pabate, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, Studi Tentang Penggunaan Rumah Belajar Di Tinjau Dari Pasal 31 UUD Tahun 1945 Di Komunitas Toraja Kabupaten Berau. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Edi Rachmad, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Suryaningsi, M.H selaku Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan anak dalam penggunaan rumah belajar dan faktor yang menunjang dan menghambat penggunaan rumah belajar di Komunitas Toraja, Kabupaten Berau serta untuk mengetahui peran orang tua dalam mendukung pendidikan anak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada penggunaan rumah belajar di Komunitas Toraja, Kabupaten Berau. Waktu pelaksanaan penelitian ialah pada bulan Februari 2020 yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa anak telah terlibat langsung dalam penggunaan rumah belajar dan mau mengakses rumah belajar untuk mencari buku sekolah elektonik dan mencari materi pelajaran. Faktor-faktor yang menunjang seperti adanya fasilitas sarana prasarana sudah sangat memadai dan orang tua mendukung penuh adanya rumah belajar ini. Sedangkan faktor penghambat penggunaan rumah belajar ini adalah faktor teman sebaya dan rasa malas dari dalam diri sendiri. Orang tua dalam mendidik, mengawasi dan memfasilitasi anak dalam pendidikan sudah dilakukan dengan baik sebagai bentuk rasa sayang dan kepedulian orang tua terhadap anak.
Kata Kunci : Rumah Belajar, Buku Elektronik, E-learning .

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Tentang Penggunaan Rumah Belajar Di Tinjau Dari Pasal 31 UUD Tahun 1945 Di Komunitas Toraja Kabupaten Berau
Pengarang Linsay Pabate - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LIN s 2021
Subyek Rumah Belajar, Buku Elektronik, E-learning
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua