PERAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pandemi COVID-19 yang menghasilkan kebijakan pembelajaran daring dengan orangtua sebagai pendamping belajar anak usia dini ditinjau sebagai mentor dan motivator dalam pembelajaran; fakktor-faktor kendala orangtua; dan bentuk dukungan serta bimbingan dari pihak sekolah dalam memberikan pengajaran bagi orangtua di lingkungan rumah. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dan perekaman data pada penelitian ini melalui: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengadopsi model Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran orangtua ditinjau sebagai mentor dan motivator dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi COVID-19 terlaksana cukup baik. (2) faktor-faktor kendala peran orangtua dalam pembelajaran anak bervariasi seperti minat belajar anak (Mood anak), jenis pekerjaan orangtua, waktu yang tersedia, jumlah saudara, dan lingkungan rumahnya. (3) Bentuk dukungan serta bimbingan pihak guru mewakili sekolah kepada orangtua berupa pertemuan dan kunjungan ke rumah, video materi pembelajaran, serta memberikan pemahaman terkait fenomena hasil belajar anak. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagaimana peran orangtua sebagai pendamping dalam pembelajaran anak usia dini selama dirumah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 |
---|---|
Pengarang | JESSIKA MAULINA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI JES p 2021 |
Subyek | Masa Pandemi COVID-19, Pembelajaran Anak Usia Dini |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY