Detail Cantuman Kembali
NIKI RISTANTO - Personal Name

PERAN PENYULUH PERIKANAN TERHADAP KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN PATIN (Pangasius sp) DI DESA PENYINGGAHAN ULU KECAMATAN PENYINGGAHAN KABUPATEN KUTAI BARAT

NIKI RISTANTO , 2021. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Peran Penyuluh Perikanan Dalam Mengembangkan Kelompok Pembudidaya Ikan Patin (Pangasius sp ) di Desa Penyinggahan Ulu Kecamatan Penyinggahan Kabupaten Kutai Barat (di bawah bimbingan) Dr. Elly Purnamasari dan M. Syafril )
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penyuluh perikanan dalam mengembangkan kelompok pembudidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) di Desa Penyinggahan Ulu Kecamatan Penyinggahan Kabupaten Kutai Barat. Ikan Patin (Pangasius sp )
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Penyinggahan Ulu Kecamatan Penyinggahan Kabupaten Kutai Barat. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode proporsionate random sampling dengan jumlah responden 35 orang anggota kelompok pembudidaya Ikan Patin ( Pangasius sp ) Teknik pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner kemudian di analisis menggunakan rumus kelas interval dan skala likert dengan tiga kategori yakni, tinggi, sedang, rendah. Indikator penelitian adalah peran penyuluh yang mengacu pada, peran penyuluh sebagai motivator dengan rata-rata skor 13,97 berada pada kategori tinggi, edukator dengan rata-rata skor 10,23 berada pada kategori tinggi, katalisator dengan rata-rata skor 7,00 berada pada kategori sedang, organisator dengan rata-rata skor 8,80 berada pada kategori tinggi, komunikator dengan rata-rata skor 7,71 berada pada kategori tinggi, dan penasehat dengan rata- rata skor 8,46 berada pada kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peran penyuluh perikanan dalam mengembangkan kelompok pembudidaya Ikan Patin ( Pangasius sp ) termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 56,17.

Kata Kunci: Peran Penyuluh Perikanan, Kelompok Pembudidaya Ikan Patin ( Pangasius sp ).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUH PERIKANAN TERHADAP KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN PATIN (Pangasius sp) DI DESA PENYINGGAHAN ULU KECAMATAN PENYINGGAHAN KABUPATEN KUTAI BARAT
Pengarang NIKI RISTANTO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NIK p 2020
Subyek Peran Penyuluh Perikanan,
Kelompok Pembudidaya Ikan Patin ( Pangasius sp ).
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan sosial ekonomi perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua