Detail Cantuman Kembali

Respons Pemberian Pupuk Trichokompos pada Beberapa Jenis Setek Terhadap Pertumbuhan Jeruk Nipis Lemon (Citrus limon L.) di Pembibitan

Jeruk nipis lemon (Citrus limon L.) memiliki banyak manfaat dan cukup dikenal masyarakat umum. Tanaman ini penyedia vitamin, mineral, serat, dan sering dijadikan sebagai penambah cita rasa makanan atau minuman. Produksi tanaman ini cenderung rendah karena kurangnya penyediaan bibit yang berkualitas. Mengatasi masalah tersebut diperlukan penyediaan bibit dengan waktu singkat dan berkualitas sehingga siap digunakan untuk budidaya lemon pada kawasan yang luas. Tujuan penelitian yaitu mengetahui jenis bahan tanam setek dan dosis pupuk trichokompos yang tepat pada pertumbuhan setek jeruk nipis lemon.
Penelitian dilaksanakan pada September 2020 sampai Maret 2021 di lahan perumahan Universitas Mulawarman, Batu Besaung, Samarinda. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan empat ulangan. Faktor pertama adalah jenis setek yang terdiri dari tiga taraf, yaitu setek bagian pucuk 1 cabang, setek bagian batang, dan setek bagian pucuk 2 cabang. Faktor kedua adalah dosis pupuk trichokompos yang terdiri dari empat taraf yaitu 0 g, 20 g, 40 g, dan 60 g. Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil taraf 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi jenis bahan setek dan pupuk trichokompos (SXP) berbeda nyata terhadap pertumbuhan setek jeruk nipis lemon pada variabel pengamatan tinggi tanaman 30 HSPT dan jumlah tunas 60 HSPT. Perlakuan dengan interaksi terbaik pada tinggi tanaman umur 30 HSPT yaitu setek pucuk 2 cabang pemberian 40 g pupuk trichokompos dan pada jumlah tunas umur 60 HSPT yaitu setek pucuk dua cabang pemberian pupuk 40 g. Bagian setek yang menunjukkan pertumbuhan terbaik yaitu setek bagian batang variabel tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah tunas, dan panjang tunas. Perlakuan dosis pupuk terbaik yaitu pupuk trichokompos 40 g variabel tinggi tanaman, jumlah tunas, dan diameter tunas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Respons Pemberian Pupuk Trichokompos pada Beberapa Jenis Setek Terhadap Pertumbuhan Jeruk Nipis Lemon (Citrus limon L.) di Pembibitan
Pengarang Tamara Rudang Astari Sinaga - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TAM r 2021
Subyek jenis setek, jeruk nipis lemon, pertumbuhan pupuk
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua