PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAJARAN IPA DI SMP N 6 LOA JANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Annur Alisa, 2020. Pengaruh model Team Assited Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pelajaran IPA di SMP N 6 Loa Janan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku pembimbing I dan Masitah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui model Team Assited Individualization (TAI) pada Pelajaran IPA di SMP N 6 Loa Janan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah quasi experimental design dengan rancangan penelitian two group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan ialah kelas IX B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas IX A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest siswa sebesar 50,46 kemudian mengalami peningkatan di posttest dengan nilai rata-rata 82,21. Terlihat peningkatan hasil belajar sebesar 31,75 dengan rata-rata N-gain sebesar 0,65 yaitu termasuk kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 41,88 kemudian mengalami sedikit peningkatan di posttest dengan nilai rata-rata 63,40 dan memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,37. Kemudian pada pengamatan lembar observasi yang diamati oleh peneliti langsung, siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan dalam belajar dan lebih aktif dalam berdiskusi dari setiap pertemuan. Penerapan model Team Assited Individualization (TAI) dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAJARAN IPA DI SMP N 6 LOA JANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | ANNUR ALISA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANN p 2020 |
Subyek | Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran TAI Team Assited Individualization (TAI) Model Pembelajaran Team Assited Individualization |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY