Detail Cantuman Kembali
Intan Putri Ayu - Personal Name

Pengaruh Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021

Intan Putri Ayu, 2021. Pengaruh Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 014 Samarinda Ulu 2020/2021. Skripsi, Samarinda: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd selaku pembimbing I dan Rosita Putri Rahmi H,., S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.

Kata kunci : Penguatan Guru, Motivasi Belajar Siswa

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penguatan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 014 Samarinda Ulu sejumlah 29 siswa, diambil dengan teknik non-probability sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah penguatan guru yaitu variabel yang menjadi sebab munculnya variabel terikat. Kemudian variabel terikat adalah motivasi belajar siswa, variabel ini yang dipengaruhi atau variabel yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas. Teknik pengumpulan data dilapangan dengan untuk memperoleh data penguatan guru dan motivasi belajar menggunakan angket (kuisioner).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi atau R adalah sebesar 0,489 yang berarti antara variabel penguatan guru (X) dan variabel motivasi belajar siswa (Y) terdapat pengaruh yang sedang atau cukup. Kemudian angka koefisien regresi nilainya sebesar 0,540. Angka ini mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% tingkat penguatan guru maka motivasi belajar siswa akan meningkat sebesar 0,540.
Setelah dianalisis dengan tabel uji koefisien dan hipotesis ditemukan nilai Sig sebesar 0,007 > dari probabilitas 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian hubungan antara penguatan guru dengan motivasi belajar siswa SDN 014 Samarinda Ulu sebesar 0,239 atau sama dengan 23,9%, yang berarti masih ada dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang Intan Putri Ayu - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI INT p 2021
Subyek Pengaruh Penguatan Guru
Penguatan Guru, Motivasi Belajar Siswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua