Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Selama Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas III MI Negeri 2 Paser Tahun Pembelajaran 2020/2021
Novera Pratami, 2021. Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Selama Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas III MI Negeri 2 Paser Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pembimbing I Drs. H. La Djangka, M.Pd. dan pembimbing II Dra. Sudillah Mangkuwiata, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi, Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring
Penelitian ini dilatarbelakangi setiap siswa pasti memiliki karakter, karakter tersebut tidak terlepas dari strategi seorang guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa. Fokus Penelitian ini adalah strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius dan disiplin selama pembelajaran daring. Sehingga diperoleh rumusan masalah bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius dan disiplin selama pembelajaran daring dengan tujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius dan disiplin selama pembelajaran daring.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas III MI Negeri 2 Paser. Data yang diambil berupa strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter kepada siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, situasi dan kondisi pembelajaran daring. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian yaitu peneliti itu sendiri, pedoman wawancara dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data model Mils and Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius selama pembelajaran daring kepada siswa dengan: pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar, menceritakan cerita nabi, untuk mengaji bersama selama pembelajaran daring tidak dilakukan dan melalui kegiatan program sekolah hafalan surah pendek dan surah harian; dan 2) strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter disiplin selama pembelajaran daring kepada siswa dengan cara menekankan dan sering mengingatkan kepada siswa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu baik tertulis ataupun hafalan, dan mengikuti pembelajaran sesuai dengan jam yang ditentukan. Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa guru memberikan reward kepada siswa yang sudah disiplin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius dan disiplin selama pembelajaran daring pada siswa kelas III MI Negeri 2 Paser adalah dengan kegiatan pembiasan dan juga hafalan untuk karakter religius, dan untuk karakter disiplin guru menekankan agar siswa mengerjakan serta mengumpulkan tugas tepat waktu.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Selama Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas III MI Negeri 2 Paser Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Novera Pratami - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOV s 2021 |
Subyek | Pembelajaran Daring Strategi, Nilai Pendidikan Karakter |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY