Detail Cantuman Kembali
IPUNG - Personal Name

TINGKAT AKURASI DAN EFISIENSI PENGUKURAN DIAMETER POHON DENGAN ALAT UKUR SEDERHANA DI HUTAN PENDIDIKAN FAHUTAN UNMUL

IPUNG (1304015108) Tingkat Akurasi dan Efisiensi Pengukuran Diameter Pohon dengan Alat Ukur Sederhana di Hutan Pendidikan Fahutan Unmul (Dibimbing oleh Diah Rakhmah Sari dan Dadang Imam Ghozali).
Pengukuran diameter dengan phi band untuk melakukan inventarisasi pohon di hutan alam terkadang menghadapi kesulitan ketika melingkarkan pita diameter ke pohon, terutama ketika pohon yang diukur berdiameter besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akurasi hasil pengukuran diameter pohon dengan alat ukur sederhana dan mengetahui efektifitas pengukuran diameter dengan alat ukur sederhana. Hasil perhitungan tingkat akurasi untuk kelas diameter 20-39 cm, 40-59 cm, dan 60 cm up, pada hasil pengukuran diameter dengan rata-rata diameter bilah X dan Y dan phi band, maupun hasil pengukuran diameter dengan bilah X saja dengan hasil pengukuran diameter dengan phi band berkisar antara lebih kecil ±0,28-9% dari diameter kontrol (phi band). Tingkat akurasi paling tinggi ada pada kelas diameter 20-39 cm. Hasil Uji T berpasangan menunjukkan bahwa alat ukur sederhana lebih akurat digunakan untuk kelas diameter 20-39 cm, baik untuk pengukuran diameter dengan merata-ratakan antara hasil pemngukuran pada bilah X dan Y, maupun pengukuran diameter pada Bilah X saja. Hasil perhitungan efisiensi alat menunjukkan bahwa pengukuran diameter dengan alat ukur sederhana memerlukan waktu yang lebih lama antara 13-17% daripada pengukuran diameter dengan phi band.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINGKAT AKURASI DAN EFISIENSI PENGUKURAN DIAMETER POHON DENGAN ALAT UKUR SEDERHANA DI HUTAN PENDIDIKAN FAHUTAN UNMUL
Pengarang IPUNG - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IPU t 2021
Subyek Kata Kunci :Insentif material dan Insentif non mat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua