Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Islam Samarinda
M. Saizjulmian N, 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Islam Samarinda. Penilitian ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Made Ngurah Partha, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Islam Samarinda. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X IPS 1 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hipotesis penelitian ini di uji menggunakan Uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis data diperoleh rata – rata nilai hasil belajar ekonomi untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 28,56%, sedangkan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 23,86%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji mann whitney yang merupakan uji non parametrik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan median 2 kelompok bebas apabila skala data variabel terikatnya adalah ordinal atau interval tetapi tidak berdistribusi normal dan juga merupakan alternatif uji t jika tidak memenuhi syaratnya . Pada perhitungan uji mann whitney yang diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Karena ada perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Islam Samarinda dan hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division secara signifikan lebih baik dari pada pembelajaran yang menggunakan model kooperasional di tinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Numbered heads Together, Hasil Belajar, dan Media Gambar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Islam Samarinda |
---|---|
Pengarang | Muhammad Saizjulmian Noor - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2021 |
Subyek | Student Teams Achievement Division (STAD) Model Cooperative Learning Numbered heads Together Hasil Belajar, dan Media Gambar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY