Detail Cantuman Kembali

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Islam Samarinda

M. Saizjulmian N, 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Islam Samarinda. Penilitian ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Made Ngurah Partha, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Islam Samarinda. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X IPS 1 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hipotesis penelitian ini di uji menggunakan Uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis data diperoleh rata – rata nilai hasil belajar ekonomi untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 28,56%, sedangkan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 23,86%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji mann whitney yang merupakan uji non parametrik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan median 2 kelompok bebas apabila skala data variabel terikatnya adalah ordinal atau interval tetapi tidak berdistribusi normal dan juga merupakan alternatif uji t jika tidak memenuhi syaratnya . Pada perhitungan uji mann whitney yang diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Karena ada perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Islam Samarinda dan hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division secara signifikan lebih baik dari pada pembelajaran yang menggunakan model kooperasional di tinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Numbered heads Together, Hasil Belajar, dan Media Gambar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Islam Samarinda
Pengarang Muhammad Saizjulmian Noor - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2021
Subyek Student Teams Achievement Division (STAD)
Model Cooperative Learning
Numbered heads Together
Hasil Belajar, dan Media Gambar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua