PENGARUH INOVASI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA INOVATIF DAN KINERJA PEMASARAN DIMODERASI NEW NORMAL PADA UMKM PESISIR KOTA BONTANG
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami tantangan berat dalam kondisi pandemi Covid-19 yang berlangsung hingga saat ini. Tantangan yang dirasakan oleh pelaku UMKM saat ini penurunan omzet, sepinya pelanggan, kesulitan bahan baku dan hambatan pemasaran akibat pembatasan sosial bersekala besar. Hal ini dirasakan oleh 72 pelaku UMKM perikanan yang berada di pesisir Kota Bontang. Era New Normal yang diterapkan pemerintah memberikan tantangan sekaligus peluang bagi pelaku UMKM Kota Bontang.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bukti secara empiris Pengaruh Inovasi Pemasaran dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Inovatif serta Kinerja Pemasaran Dimoderasi New Normal pada UMKM Pesisir Kota Bontang. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 pelaku UMKM perikanan yang berada di pesisir Kota Bontang sebagai responden. Dalam penelitian ini menggunakan alat bantu analisis SmartPLS.
Hasil uji analisis atas data yang ada diperoleh bahwa inovasi pemasaran arah positif dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja inovatif tetapi inovasi produk berpengaruh tidak signifikan. Inovasi pemasaran, inovasi produk dan new normal berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. New Normal sebagai pemoderasi hubungan inovasi pemasaran dan kinerja inovatif arah positif dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran tetapi untuk inovasi produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Kata Kunci : Inovasi pemasaran, inovasi produk, Kinerja Inovatif, Kinerja
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH INOVASI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA INOVATIF DAN KINERJA PEMASARAN DIMODERASI NEW NORMAL PADA UMKM PESISIR KOTA BONTANG |
---|---|
Pengarang | Ayu Dita Sari - Personal Name |
No. Panggil | TESIS AYU p 2021 |
Subyek | Inovasi pemasaran, inovasi produk Kinerja Inovatif, Kinerja |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Magister Manajemen |
Jurusan | Manajemen Pemasaran |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY