Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Materi Fluida Statis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental kuasi (quasi experimental research), dengan desain penelitian yaitu tipe rancangan pasangan subjek melalui tes awal dan tes akhir dengan kelompok kontrol (The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Samarinda pada kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran (pretest) dan sesudah kegiatan pembelajaran (posttest), dengan jenis instrumen tes yaitu tes esai. Hasil analisis uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hal ini didasarkan pada hasil uji N-Gain dimana rata-rata N-Gain kelas ekperimen adalah 0,6 dan kelas kontrol 0,3 yang mana keduanya termasuk kategori sedang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Materi Fluida Statis |
---|---|
Pengarang | Linda Purnamasari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LIN p 2021 |
Subyek | Discovery Learning kemampuan pemecahan masalah |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Matematika dan Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY