PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MATA PELAJARAN PENGENALAN NAMA HEWAN DI TAMAN KANAK NEGERI 10 SAMARINDA
Else Grasia, 2021. pengembangan media pembelajaran game edukasi mata pelajaran pengenalan nama hewan di taman kanak negeri 10 Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Andi Rustandi S.Kom,M.TI,M.H selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Android pada pengenalan nama hewan di taman kanak negeri 10 samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R &D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri tiga tahap, yaitu Planning, Production, Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan studi literature dan studi lapangan, kemudian memproduksi media dengan membuat flowchart, dan storyboard, kemudian membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Tahap akhir ialah evaluasi dimana media divalidasi oleh guru mata pelajaran sebagai ahli materi dan 3 orang ahli validasi media untuk melihat kelayakan media serta membuat laporan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020.
Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk di gunakan sebagai media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pembelajaran pengenalan nama hewan dibuktikan dengan persentase dari validasi ahli materi memperoleh kelayakan 87%, validasi kelayakan ahli media 97,33% dan valiadasi siswa memperoleh 68,2%
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan PPE (Planning,Production, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data studi lapangan, studi literature dan angket yang dianalisis secara deskriptif oleh para ahli dinyatakan bahwa media pembelajaran Android ini Sangat Layak untuk di gunakan.
Kata kunci : Media Pembelajaran Bebasis Android, PPE, Android Studio
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MATA PELAJARAN PENGENALAN NAMA HEWAN DI TAMAN KANAK NEGERI 10 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | ELSE GRASIA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ELS p 2021 |
Subyek | Media Pembelajaran Bebasis Android PPE, Android Studio |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Komputer |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY