Detail Cantuman Kembali
Eva Putri Hidayanti - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH BERBANTU MEDIA VIDEO (ONLINE) PADA SISWA KELAS IV D SDN 015 BALIKPAPAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Eva Putri Hidayanti, 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Metode Pemecahan Masalah Berbantu Media Video (Online) Pada Siswa Kelas IV D SDN 015 Balikpapan Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021/ Dibimbing oleh Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Pemecahan Masalah Media Video (Online)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi bangun datar siswa dan proses belajar siswa kelas IV D SDN 015 Balikpapan Selatan tahun pembelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil dan proses belajar matematika materi bangun datar melalui motode pembelajaran pemecahan masalah berbantu media video (Online) pada siswa kelas IV D SDN 015 Balikpapan Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan proses belajar matematika materi bangun datar melalui metode pemecahan masalah berbantu media video (Online) pada siswa kelas IV D SDN 015 Balikpapan Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021 .
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitan ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV D SDN 015 Balikpapan Selatan yang berjumlah 30 siswa, dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi bangun datar menggunakan metode pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, rumus presentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 10,99% dengan mendapatkan rata-rata 69. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,22% dan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,33. (2) Peningkatan untuk proses pembelajaran daring dengan metode pemecahan masalah yang dinilai berdasarkan cara anak menjawab setiap soal dilihat dari cara siswa dalam menyelesaikan suatu soal, memahami masalah, perencanaan masalah, serta ketelitian siswa. Dimana hasil dari keseluruhan tahapan pada siklus I sebesar 66,25% dengan rata- rata 318 dan kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,45% dengan rata-rata 391. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil dan proses belajar matematika materi bangun datar melalui metode pemecahan masalah berbantu media video (Online) pada siswa kelas IV D SDN 015 Balikpapan Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH BERBANTU MEDIA VIDEO (ONLINE) PADA SISWA KELAS IV D SDN 015 BALIKPAPAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Pengarang Eva Putri Hidayanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI EVA p 2021
Subyek Hasil Belajar Matematika
Bangun Datar
Pemecahan Masalah Media Video (Online)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua