Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Manajemen Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 014 Tenggarong Seberang
Latar belakang masalah penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam manajemen sekolah yang dilakukan dengan berbagai usaha, langkah dan strategi agar sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah yang bermutu. Untuk tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengelola pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 014 Tenggarong Seberang. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 014 Tenggarong Seberang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 014 Tenggarong Seberang pada tanggal 23 Februari 2021 s.d. 08 April 2021. Sumber data penelitian yaitu bapak kepala sekolah SD Negeri 014 Tenggarong Seberang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan peran kepala sekolah mengelola pendidikan di sekolahnya dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu 1) melakukan kegiatan administrasi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah, 2) mengelola guru dan staf sekolah secara optimal, 3) mengelola keuangan dan sarana prasarana sekolah, 4) menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat. Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu a) Faktor pendukung: 1) antusias yang baik dari warga sekolah. 2) hubungan yang harmonis dari sekolah dan masyarakat. b) Faktor penghambat: 1) kurangnya sarana dan prasarana, 2) guru yang kurang menguasai teknologi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peran kepala sekolah di SD Negeri 014 Tenggarong Seberang dikategorikan cukup baik dilihat dari usaha yang terus dilakukan kepala sekolah dalam mengelola pendidikan di sekolahnya, namun SD Negeri 014 Tenggarong Seberang memiliki faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu kurangnya sumber daya manusia yang berpengaruh pada proses pembelajaran di kelas dan sumber dana sekolah yang berpengaruh pada kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang berakibat menurunnya kualitas pendidikan di SD Negeri 014 Tenggarong Seberang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Manajemen Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 014 Tenggarong Seberang |
---|---|
Pengarang | Novia Arisanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOV p 2021 |
Subyek | Peran Kepala Sekolah, Manajemen Sekolah Mutu Pendidikan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY