Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas VI SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Namira Anggraini,. 2021. Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas VI SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Kusdar. M.Ag selaku pembimbing I dan Drs. H. La Djangka M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Identifikasi, Karakter, Nilai-nilai Pendidikan Karakter.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pendidikan karakter disatuan pendidikan terdapat indikasi gejala dekadensi moral yang terjadi pada generasi muda. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut pendidikan karakter merupakan salah satu cara atau sarana untuk memperbaiki moral siswa dengan penanaman nilai, akhlak, moral, dan karakter khusus. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini merumuskan masalah yaitu nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat pada buku siswa kelas VI SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan dan bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter pada buku siswa kelas VI SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang diambil langsung oleh peneliti. Sedangkan data sekunder yaitu dokumen yang sudah ada. Sumber data penelitian ini adalah buku kelas VI SD tema Persatuan dalam Perbedaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi sebagai proses mencari variabel yang berbentuk buku. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan tahapan mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data secara objektif. Lalu dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 nilai-nilai pendidikan karakter yang mendominan pada buku tersebut yaitu (1) nilai semangat kebangsaan dan nasionalisme dengan 27 nilai, (2) demokratis 10 nilai, (3) cinta damai 8 nilai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku kelas VI tema persatuan dalam perbedaan telah mengandung 18 nilai-nilai pendidikan karakter menurut kemendiknas 2010 namun jumlah kemunculan pada masing-masing nilai tersebut kurang seimbang, hal ini sesuai dengan fokus pengembangan karakter pada tema tersebut. Pada tema persatuan dalam perbedaan lebih menekankan pada sila ke-3 yaitu persatuan Indonesia, sila ini mengandung nilai bahwa masyarakat Indoensia diharapkan mampu menunjukkan sikap semangat kebangsaan dan nasionalisme, demokratis dan cinta damai.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas VI SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan |
---|---|
Pengarang | Namira Anggraini - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NAM i 2021 |
Subyek | Identifikasi, Karakter Nilai-nilai Pendidikan Karakter |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY