Detail Cantuman Kembali
JIHAN ARYANI - Personal Name

STUDI TENTANG PENANGAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DIKOTA SAMARINDA

Studi tentang Penanganan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kota Samarinda. Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Santi Rande, S.Sos., M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penanganan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kota Samarinda serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukungnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, dimana data primer didapat dari key informan yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Bidang/Seksi pengelolaan sampah menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu informan lainnya yaitu masyarakat Kota Samarinda di lingkungan Kel. Air Hitam, Kel. Gunung Kelua dan Kel.Sidodadi dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah interaktif yang digunakan Milles Huberman dan Saldana.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penanganan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda belum seluruhnya berjalan maksimal. Hal ini dikarenakan dari beberapa proses penanganan sampah masih banyak masyarakat yang belum mematuhi aturan terkait pengumpulan sampah, seperti tidak memilah sampah organik dan non-organik dan juga tidak sesuai dengan jam pembuangan sampah yang telah ditentukan. Serta faktor pendukung penanganan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup yaitu tersedianya fasilitas penanganan sampah berupa armada angkutan sampah ke Tempat Penampungan Sementara maupun Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu dan Tempat Pemerosesan Akhir walaupun 45% kondisinya kurang layak dan ketertiban masyarakat dalam membuang sampah sesuai jam oprasional pembuangan sampah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah organik dan non organik serta Tempat Pemerosesan Akhir yang sudah melebihi kapasitas tampung atau overcapacity.
Kata Kunci : Penanganan Sampah, Pengelolaan Sampah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PENANGAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DIKOTA SAMARINDA
Pengarang JIHAN ARYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JIH s 2020
Subyek Kata Kunci : Penanganan Sampah, Pengelolaan Sampah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua