Detail Cantuman Kembali
DICKY KURNIAWAN - Personal Name

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SMK DIKABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

DICKY KURNIAWAN. Pengaruh Supervisi Akademik dan Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SMK Di Kabupaten Kutai Kartanegara (Dosen Pembimbing 1 Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si dan Dosen Pembimbing 2 Dr. Warman, M.Si)

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap mutu pendidikan SMK Di Kabupaten Kutai Kartanegara, (2) mengetahui pengaruh kebijakan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan SMK Kabupaten Kutai Kartanegara, (3) mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan kebijakan kepala sekolah secara simultan terhadap mutu pendidikan SMK Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan dalam penelitian metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Jumlah populasi 113 orang dengan sampel sebanyak 88 orang yang diambil secara disproportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggnakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Supervisi akademik berpengaruh terhadap mutu pendidikan, yang berarti bahwa semakin tinggi supervisi akademik akan mengakibatkan meningkatnya mutu pendidikan, (2) Kebijakan kepala sekolah berpengaruh terhadap mutu pendidikan, yang berarti bahwa semakin tinggi kebijakan kepala sekolah akan mengakibatkan meningkatnya mutu pendidikan, (3) Supervisi akademik dan kebijakan kepala sekolah secara simultan berpengaruh terhadap mutu pendidikan, yang berarti bahwa semakin meningkatnya supervisi akademik dan kebijakan kepala sekolah, maka akan mengakibatkan meningkatnya mutu pendidikan.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kebijakan Kepala Sekolah dan Mutu Pendidikan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SMK DIKABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang DICKY KURNIAWAN - Personal Name
No. Panggil DICKY DIK p 2021
Subyek Supervisi Akademik
Kebijakan Kepala Sekolah dan Mutu Pendidikan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Manajemen Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua