Peran Orang Tua Dalam Membantu Pembelajaran Tematik Melalui Daring Selama Covid-19 Pada Siswa Kelas III SDN 014 Samarinda Ulu Pada Tahun Pembelajaran 2020/2021
Rarasati Harnowo, 2021. Peran Orang Tua dalam Membantu Pembelajaran Tematik Melalui Daring Selama Covid-19 Pada Siswa Kelas III SDN 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pembimbing I Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si dan Pembimbing II Dr. Nicodemus Sere, M.Pd.
Kata Kunci : Peran orang tua; Pembelajaran Tematik; Daring
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran tematik yang dilakukan melalui daring selama covid-19 sejak ditiadakannya pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membantu pembelajaran tematik melalui daring selama covid-19 pada siswa kelas III SDN 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran tematik yang dilakukan secara daring selama covid-19 pada siswa kelas III SDN 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk deskriftif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua kelas III-B dan wali kelas III-B. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajikan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membantu pembelajaran tematik melalui daring yaitu, sebanyak 75% menciptakan suasana nyaman; 87,5% orang tua memahami kegiatan pembelajaran; 100% menyediakan sarana dan prasarana belajar; 75% memberikan motivasi; semangat; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki anak; 75% orang tua meluangkan waktu khusus. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik melalui daring yaitu 37,5% kurang memahami kegiatan yang dilakukan; 50% orang tua kurang mempengaruhi anak dalam kegiatan pembelajaran; 25% kesulitan memenuhi kebutuhan belajar daring; 3,75% anggota keluarga mempengaruhi pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa berbagai jenis peran yang dilakukan orang tua dalam kegiatan pembelajaran tematik melalui daring. Ada peran yang utuh, karena orang tuanya merasa berkewajiban untuk membantu dan memberikan pemahaman pembalajaran terhadap anaknya. Ada orang tua yang perannya kurang dikarenakan kurang interaksi kepada anak dan kurangnya pemahaman.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Orang Tua Dalam Membantu Pembelajaran Tematik Melalui Daring Selama Covid-19 Pada Siswa Kelas III SDN 014 Samarinda Ulu Pada Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Rarasati Harnowo - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAR p 2021 |
Subyek | Peran Orang Tua Pembelajaran Tematik Daring |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY