Detail Cantuman Kembali
Yuni Patmawati - Personal Name

Analisis Nilai Karakter dalam Teks Cerita pada Buku Siswa Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku

Yuni Patmawati, 2021. Analisis Nilai Karakter dalam Teks Cerita pada Buku Siswa Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Analisis, Karakter, Penguatan Pendidikan Karakter.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pendidikan karakter yang saat ini sedang gencar dilakukan karena terdapat indikasi penurunan nilai karakter pada generasi muda khususnya siswa sekolah dasar (SD). Penguatan pendidikan karakter merupakan salah satu butir Nawacita yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas IV tema 8 Daerah Tempat Tinggalku edisi revisi 2017 khususnya pada teks cerita.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah teks cerita yang mengandung nilai karakter sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sumber data dalam penelitian ini adalah buku siswa kelas IV tema 8 Daerah Tempat Tinggalku edisi revisi 2017 yang diterbitkan oleh kemendikbud. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis nilai karakter pada buku siswa kelas IV tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dapat disimpulkan bahwa ditemukan sebanyak 23 nilai karakter. Nilai karakter ini diperoleh dari teks cerita dongeng dan legenda anak yang berjumlah 12. Adapun cerita dongeng yaitu “Kasuari dan Dara Mahkota”, “Nelayan dan Ikan Mas”, dan yang terakhir adalah “Kendi Emas dan Ular”. Sedangkan cerita legenda yaitu “Asal Mula Telaga Warna”, “Asal Mula Bukit Catu”, “Kisah Putri Tangguk”, “Si Pitung”, “Roro Jonggrang”, “Terjadinya Selat Bali”, “Kali Gajah Wong”, “Caadara”, “Asal Usul Burung Cendrawasih”. Adapun rincian jumlah setiap karakter yaitu: (1) nilai religius sejumlah 4; (2) nilai nasionalisme sejumlah 5; (3) nilai mandiri sejumlah 4; (4) nilai gotong royong sejumlah 7; dan (5) nilai integritas sejumlah 3. Jumlah nilai-nilai karakter tersebut merupakan akumulasi dari tiga subtema yaitu tema1 lingkungan tempat tinggalku, tema 2 keunikkan daerah tempat tinggalku dan tema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Nilai Karakter dalam Teks Cerita pada Buku Siswa Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
Pengarang Yuni Patmawati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUN a 2021
Subyek Analisis
Penguatan Pendidikan Karakter
Karakter
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua