Detail Cantuman Kembali
PRISKA YULIANA - Personal Name

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SMP NEGERI 1 TERING

Priska Yuliana, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda, Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Dr. Warman, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Demsy B Salindeho selaku pembimbing 2.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam tentang penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan, faktor penghambat penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan, dan upaya yang di lakukan untuk mengatasi hambatan penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SMP Negeri 1 Tering.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman . Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Visi dan misi dari SMP Negeri 1 Tering adalah menciptakan lulusan yang beriman, bertaqwa, disiplin dan berbudaya serta mengembangkan pengetahuan peserta didik baik di bidang ilmu pengetahuan maupun teknologi dan kegiatan pembiasaan positif yang dapat membentuk karakter siswa adalah membiasakan siswa untuk berdoa sebelum belajar, mengamalkan senyum, salam dan sapa, menjaga kebersihan lingkungan, dan disiplin waktu ketika datang ke sekolah. (2) Hambatannya adalah kurang disiplinnya siswa dalam mentaati aturan, kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, pengaruh lingkungan sekitar yang kurang baik seperti merokok serta kebiasaan yang dirumah dibawa ke sekolah seperti tidak dibiasakan melaksanaka ibadah dan dengan adanya pandemi ini perjumpaan anatara guru dan siswa sangat terbatas, sehingga tidak bisa memantau siswa seperti ketika berada dilingkungan sekolah. (3) upaya mengatasi hambatan adalah dengan memberikan sanksi kepada siswa yang sifatnya dapat membangun karakter, bekerjasama antar guru dan mencari solusi atas permasalahan tersebut melalui rapat serta bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan orang tua.
Kata Kunci : Penerapan, pendidikan karakter, pembiasaan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SMP NEGERI 1 TERING
Pengarang PRISKA YULIANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PRI p 2021
Subyek Penerapan, pendidikan karakter, pembiasaan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua