ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 001 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2020/2021
Anggraini Puspita Wulandari, 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V Sdn 001 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2020/2021. Pembimbing I Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si dan Pembimbing II Hety Diana Septika, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Matematika, Pecahan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2020/2021 khususnya pada materi pecahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kesulitan belajar matematika materi pecahan yang dialami siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika materi pecahan yang dialami siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar matematika materi pecahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada minggu kedua bulan Februari 2021 bertempat di SDN 001 Samarinda Ulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu yang berjumlah 27 siswa dan guru yang mengajar matematika kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas V SDN 001 Samarinda Ulu mengalami kesulitan belajar atas 3 komponen, yaitu : (1) Kesulitan dalam memahami konsep pecahan seperti kesalahan letak pembilang dan penyebut pada pecahan dan konsep menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian dalam pecahan; (2) Kesulitan dalam keterampilan berhitung seperti siswa kurang teliti dan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal pecahan; dan (3) Kesulitan dalam memecahkan masalah seperti siswa tidak dapat memecahkan masalah yang terdapat pada soal cerita pecahan. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VC berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa seperti sikap siswa dalam belajar, kesehatan tubuh siswa serta kemampuan penginderaan siswa. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa seperti variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran, metode yang digunakan guru atau lingkungan keluarga.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 001 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | ANGGRAINI PUSPITA WULANDARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANG a 2021 |
Subyek | Kesulitan Belajar Matematika Analisis Pecahan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY