Detail Cantuman Kembali
Ihsan Hidayat - Personal Name

Estimasi Cadangan Karbon Organik Pada Lamun Thalassia hemprichii di pulau Beras Basah Kota Bontang Kalimantan Timur

Ihsan Hidayat, 2021. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Estimasi Cadangan Karbon Organik Pada Lamun Thalassia hemprichii di Pulau Beras Basah Kota Bontang. (Dibimbing oleh Lily Inderia Sari dan Nurfadilah).
Peran penting padang lamun sebagai penyedia makanan (feeding), pemijahan (spawning) dan pembesaran (nursery). Lamun memiliki kemampuan menyerap karbon melalui proses fotosintesis yang dapat mengurangi pemanasan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui estimasi cadangan karbon lamun Thalassia hemprichii di Pulau Beras Basah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan November 2019 di Pulau Beras Basah. Tahapan yang dilakukan mengukur kerapatan lamun dengan menggunakan kuadran 0,5 x 0,5 m dan pengambilan sampel daun lamun. Rata-rata penyimpanan karbon pada lamun Thalassia hemprichii 59,50 g/m² pada stasiun 1, 59,20 g/m² pada stasiun 2, 59,36 g/m² pada stasiun 3, 65,76 g/m² pada stasiun 3 dengan rata-rata karbon yang tersimpan 60,69 g/m². Berdasarkan karbon yang tersimpan dapat diestimasikan karbon yang tersimpan 32 gC/m2/hari atau 1.112,52 gC/m2/tahun. Dengan laju pertumbuhan efektif selama 20 hari.

Kata kunci: Karbon, lamun, Thalassia hemprchii, Pulau Beras Basah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Estimasi Cadangan Karbon Organik Pada Lamun Thalassia hemprichii di pulau Beras Basah Kota Bontang Kalimantan Timur
Pengarang Ihsan Hidayat - Personal Name
No. Panggil (SKRIPSI IHS e 2021)
Subyek Pulau Beras Basah
Karbon, lamun, Thalassia hemprchii
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua