Detail Cantuman Kembali
AYU HABIBAH - Personal Name

PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM KEGIATAN PEMBANGUNAN DI DESA PRANGAT BARU KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Ayu Habibah, NIM. 1302015178. Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Kegiatan Pembangunan di Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara, dibawah bimbingan Dr. Enos Paselle, M.AP selaku Dosen Pembimbing Pertama dan Dr. Santi Rande, M.Si selaku Dosen Pembimbing Kedua Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pengelolaan alokasi dana desa dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di desa Prangat Baru yang belum maksimal. Fokus penelitian ini berdasarkan Peraturan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 8 tahun 2018 tentang Alokasi Dana Desa “pengelolaan keuangan desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.” Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Kegiatan Pembangunan di Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara serta faktor-faktor Pendukung dan Penghambat yang dialaminya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Kantor Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara, kemudian dilakukan upaya untuk melakukan observasi dan bertemu langsung melalui wawancara dengan perangkat desa dan perwakilan lembaga kemasyarakatan. Dengan Sekretaris Desa sebagai key informan, Perangkat Desa dan Staf Desa, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dusun I dan II, serta Ketua PKK sebagai informan melalui metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan alokasi dana desa dalam kegiatan pembangunan di Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara masih belum berjalan secara maksimal. Masih ada kendala dalam proses pengelolaan baik dari dana sebagai sumber pembiayaan, pemerintah desa sebagai unit pengelola dana, dan masyarakat sebagai subjek pembangunan. Mayoritas pembangunan masih berupa pembangunan fisik, pembangunan non fisik masih belum berjalan di Desa Prangat Baru. Walaupun dalam proses pengelolaannya belum maksimal, masyarakat tetap merasakan manfaat dari pembangunan yang dibiayai oleh alokasi dana desa.
Kata kunci : Pengelolaan, Alokasi Dana Desa, Pembangunan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM KEGIATAN PEMBANGUNAN DI DESA PRANGAT BARU KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang AYU HABIBAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AYU p 2021
Subyek Pengelolaan, Alokasi Dana Desa, Pembangunan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan administrasi publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua