Detail Cantuman Kembali
Yola Widianingtyas - Personal Name

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Materi Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Yola Widianingtyas. 2021, Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Materi Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pembimbing I Sukriadi, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Fara Virgianita Pangadongan, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Luas Bangun Datar
Pendidikan di era revolusi industri 4.0 menuntut seluruh elemen pendidikan bergerak maju mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking). Siswa harus memiliki keterampilan berpikir kritis sebagai bekal utama dalam mempersiapkan perubahan zaman yang semakin berkembang. Penelitian ini dilatarbelakangi terbatasnya keterampilan penghafalan konsep atau prosedur penyelesaian soal matematika materi luas bangun datar sehingga mengakibatkan rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis materi luas bangun datar pada siswa kelas V Sekolah Dasar 015 Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 27 siswa dan objek penelitian adalah keterampilan berpikir kritis tentang materi luas bangun datar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara. Instrumen penelitian menggunakan tes belajar matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik analisis keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas yaitu triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis materi luas bangun datar pada siswa kelas V Sekolah Dasar, mampu memenuhi indikator berpikir kritis yaitu interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation) dan kesimpulan (inference). Meskipun pada siswa kategori rendah mampu memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis yaitu analisis (analysis) dan evaluasi (evaluation), pada siswa kategori sedang mampu memenuhi indikator berpikir kritis yaitu interpretasi (interpretation), analisis (analysis), dan evaluasi (evaluation), sedangkan untuk siswa kategori tinggi mampu memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis yaitu interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation) dan kesimpulan (inference).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Materi Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Pengarang Yola Widianingtyas - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YOL a 2021
Subyek Keterampilan Berpikir Kritis
Materi Luas Bangun Datar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua