Detail Cantuman Kembali
JUMI RAHMATIA ULFA - Personal Name

Analisis Pembelajaran Tematik Secara Online Pada Siswa Kelas V SD Negeri 026 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2020/2021

Jumi Rahmatia Ulfa, 2021 : Analisis Pembelajaran Tematik Secara Online Pada Siswa Kelas V SDN 026 Sungai Kunjang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Mohammad Ilyas, M.Pd selaku dosen pembimbing 1 dan Drs. H. La Djangka, M.Pd selaku dosen pembimbing 2.

Kata Kunci : Analisis, Pembelajaran Tematik, Online
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik secara online di SD Negeri 026 Sungai Kunjang pada siswa kelas V tahun pelajaran 2020/2021. Sejak dikeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang kebijakan pelaksanaan pendidikan selama masa pandemi Covid-19, maka proses pembelajaran dilaksanakan secara dari di rumah masing-masing. Hal ini dilakukan demi mencegah penularan Covid-19. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pembelajaran tematik secara online. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pembelajaran tematik secara online di SD Negeri 026 Sungai Kunjang tepatnya pada kelas V sudah terlaksana dengan cukup baik. Guru dan sebagian besar peserta didik telah memiliki fasilitasfasilitas dasar yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran online. Hal ini menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran online. Guru sudah membuat perencanaan pembelajaran daring dengan membuat RPP daring, menyiapkan bahan ajar dan media pembelajaran berupa video pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara online menggunakan metode ceramah dan penugasan serta menggunakan media pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik seperti aplikasi WhatsApp dan Youtube. Evaluasi hasil belajar siswa dilakukan dengan penugasan setiap akhir pembelajaran dan dikumpulkan secara online atau offline ke sekolah. Namun, pelaksanaan pembelajaran tematik secara online ini memiliki kendala dalam pelaksanaannya, seperti kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pelajaran yang disampaikan melalui video, serta beberapa siswa yang masih belum terpenuhi sarana dan prasarana untuk pembelajaran online adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik secara online selama masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 026 Sungai Kunjang sudah cukup baik. Namun, masih belum memenuhi target dari tujuan pembelajaran secara maksimal karena keterbatasan sarana dan prasarana yang menunjang terlaksananya pembelajaran secara online. Sehingga diperlukan kerjasama antara pihak terkait seperti guru, peserta didik, orang tua, pemerintah dan dinas pendidikan demi tercapainya pembelajaran yang berkualitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pembelajaran Tematik Secara Online Pada Siswa Kelas V SD Negeri 026 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang JUMI RAHMATIA ULFA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JUM a 2021
Subyek Analisis, Pembelajaran Tematik, Online
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua